Selasa, 26 Agustus 2008

Pantai Kuta Lombok

Saudara Kembar pantai Kuta

Saudara kembar? ya, memang pantai Kuta Lombok merupakan "kembaran" dari pantai Kuta yang ada di Bali. Selama ini kita mengenal bahwa pantai Kuta hanya ada di Bali, dan kita menilainya sebagai the most beautiful place, padahal pantai Kuta Lombok ini bagi saya sendiri masih teralu jauh Indahnya dari pada pantai Kuta Bali.

Hmm... Saya coba gambarkan berdasarkan imaginasi saya saja ya...
Perjalanan kita ke pantai ini dari kota Mataramnya sendiri menempuh waktu -/+ 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan. Selama beberapa menit terakhir perjalanan kita memasuki daerah pantai kita hanya bisa menyaksikan daerah gersang yang kurang terawat serta bukit - bukit yang tandus. Setelah anda memasuki sebuah kawasan yakni Hotel Novotel, perasaan jenuh akan daerah yang anda lalui tadi akan hilang karena Developer dari manajemen Hotel mampu mendesign sebuah tata ruang yang indah untuk daerah yang kurang mendapat perhatiaan dari pemerintah daerah.

Kembali kekeadaan pantai Kuta Lombok, saat anda keluar dari kendaraan anda, akan ada 2 hal yang akan menyambut anda, yakni Angin sepoi-sepoi dan pedagang Asongan yang kurang tertib dan bersikap kurang ramah dalam menjajakan (lebih baik jalan dulu baru beli2). Saat menginjak pasir di pantai ini, anda akan merasakan kekaguman akan putihnya pasir-pasir di pantai ini. Selain itu pasir-pasir ini tidak sama dengan pasir-pasir pantai yang pernah saya kunjungi, bentuk pasirnya itu sebesar biji-biji merica sehingga membuat kita agak kesuliatan melangkah di pasir.

Keindahan Pantai Kuta Lombok dengan pasir putihnya yang seperti butiran merica, ternyata memiliki sejarah dan ceritanya sendiri. Pantai yang belum banyak dikunjungi turis, jika dibandingkan dengan Pantai Kuta di Bali, adalah salah satu pantai yang menjadi pusat berkumpulnya nyale atau cacing laut. Dari sinilah setiap setahun sekali di Pantai Kuta dirayakan Festival Bau Nyale atau mencari nyale.

Nyale-nyale yang berjumlah miliaran tersebut membangun sarang di karang-karang berwarna putih. Untuk membangun sarang, nyale-nyale melubangi karang. Hasil galian karang menjadi butiranbutiran pasir yang dihanyutkan ombak dan gelombang ke pinggir pantai.

Peristiwa yang berlangsung sejak ribuan tahun lalu itu terjadi terus menerus. Karena itu tumpukan butiran pasir menjadi pasir yang hanya bisa ditemukan di Pantai Kuta Lombok.

Selain itu, pantai Kuta Lombok ini sangatlah dangkal, sehingga kita dapat berjalan ke arah yang lebih tengah dari bibir pantai. Pantai Kuta Lombok ini juga sangat unik karena letaknya dikelilingi bukit-bukit.


Sumber : pengalaman pribadi and okezone

Tidak ada komentar: