Rabu, 27 Agustus 2008

Lingsar


Lingsar sebuah taman yang terletak tidak jauh dari Narmada, -/+ 7 kilometer dari Taman Air Narmada. Taman Lingsar ini merupakan sebuah bukti nyata bahwa Hindu dan Muslim dapat hidup secara berdampingan. Hal ini dikarenakan Pura Lingsar dan sebuah tempat melakukan ritual keagamaan muslim berada dalam 1 komplek.

Taman ini dibangun pada tahun 1714 dan sempat mengalami renovasi pada tahunn 1878. Taman ini dibangun sebagai Simbolis bahwa kerukunan antar Hindu Bali dan Muslim Sasak akan tetap terjaga.

Di dalam Komplek taman, ada sebuah kolam yang di yakini sebagai tempat untuk memohon segala sesuatu. Uniknya, kita harus menyiapkan uang logam pecahan berapa saja, lalu setelah berdiri membelakangi kolam tersebut uang logam tersebut kita genggam sambil mengucapkan permintaan kita, Setelah itu koin tersebut diletakkan diatas telapak tangan dan dilemparkan. Apabila Koin tersebut masuk ke dalam kolam maka permintaan anda akan dikabulkan, namun sebaliknya jika tidak masuk maka permintaan anda tidak akan dikabulkan. Kondisi ini sebenarnya kepercayaan masyarakat sekitar sana yang percaya akan cerita nenek moyangnya, namun saat saya mencoba dengan meminta kelulusan Ujian Nasional, hal itu dikabulkan.

Ya hal ini kembali lagi ke diri kita masing - masing mau percaya atau tidak.

Tidak ada komentar: